Cerita2 SMA

  Murid rajin

Waktu di 3p3, ibu guru biologi (bu lastri ?, klo nggak salah), mengajar dengan menulis pelajaran pada papan tulis. Saya tergolong murid yang baik dan rajin, maksudnya, rajin menolong untuk menghapus papan tulis bila telah penuh dengan tulisan. Cukup sering saya saya lakukan itu. Biasanya dalam waktu sekitar 10 menit, papan sudah penuh tulisan. Sayapun dengan cepat menghapus papan yang sudah penuh tulisan tersebut. Setelah menghapus papan tulis, saya selalu membersihkan penghapusnya di luar kelas, agar penghapusnya bersih dan bisa dipakai lagi. Sampai suatu saat, saya tidak boleh lagi menghapus papan tulis oleh ibu guru. Saya jadi bertanya-tanya kenapa ?. Ternyata penyebabnya adalah hal yang sepele, setiap selesai menghapus papan dan lalu membersihkan penghapus diluar kelas, saya “lupa” untuk segera masuk kelas lagi, dan baru masuk saat pelajaran sudah selesai.

 kiriman : didi hasan putra- ex 3 ipa 3

———————————————————————————————————

NGERPEK

Ari Prijo Waktu sy duduk di kls I 5 sebelum penjurusan kebetulan sy duduk dideretan ke2 seb kiri klu kearah Papan tulis dideretan ke 2 dr belakang sedang disebrang sy deretan ke 3  duduklah. ELOK , dist hr ada ulangan pd wkt itu klu tdk salah jenis ulangan hafalan sy lupa pelajaran apa sebenarnya sy bisa dlm ulangan tsb ttp konsentrasi sy agak buyar gara-2 si ELOk meletakan kertas kerpek’annya dipaha kiri kanan pass dia buka kerpeka’an sy bukan lihat kertasnya ttp lihat paha mulusnya ELOK shg pikiran sy jd buyar. nggak konsentrasi dasar ELOK, semoga ELOK membaca tulisan sy ini. Cerita ini true story lho
Powered by Telkomsel BlackBerry®

————————————————————————————————————————————————-Naik Naik ke Puncak Gunung

                         

 

venesia-tourSaat seangkatan kita mengadakan perkemahan bersama di pacet (lupa waktunya), klo ga salah perkemahan ini diadakan saat2 menjelang perpisahan sekolah dan didampingi  oleh beberapa guru sekolah (juga sdh lupa siapa saja), ada sedikit cerita yang sampai saat ini masih kuingat krn membuat kami terkesan dan tapi membuat Bpk kepala sekolah dan guru pendamping camping kesal.
Begini singkat ceritanya :

Pada saat camping akan berakhir dan direncanakan akan pulang besok sorenya, kami bertiga (Udi T, Wahidik dan saya) mempunyai angan2 dan rencana akan naik atau mendaki puncak gunung yang terlihat dari tempat perkemahan tersebut besok pagi harinya, karena dalam benak kami bertiga puncak gunung tersebut sangat dekat dan paling2 hanya ditempuh beberapa jam pulang pergi. Jadilah esok paginya dengan berbekal apa adanya dan tanya2 orang darimana pendakian bias dimulai, ternyata jalan pendakian hrs lewat tretes dan berangkatlah kami bertiga naik angkot menuju kesana.

Perjalanan menuju puncak ternyata sangat melelahkan dan setiap tanya orang2 bersimpangan mengangkut belerang katanya masih jauh, tapi ini tdk menyurutkan niat kami bertiga dan sampailah kami di bangunan gubuk sederhana yang ternyata itu adalah tempat orang2 pengangkut belerang melepas lelah. Dari tempat itulah ada informasi bahwa cuaca sangat jelek di puncak gunung dan pendaki dilarang naik keatas dan baru boleh naik besok paginya, untuk mengisi perut yg sdh keroncongan pada sore itu di gubuk ini kami bertiga disuguhi makanan nasi jagung oleh Bpk2 pencari belerang tersebut, dan saat itulah kami bartiga juga mulai was2/kawatir kalo nanti sore ga bisa kembali ke kemah pasti guru2 dan teman2 bingung mencarinya, soalnya pada waktu berangkat ga pamit ato ijin. Pikir kami saat itu harus bias sampai ke puncak dan apa yg akan terjadi nanti terjadilah…..egois banget ya, maaf yo rek. Ternyata apa yg kami pikirkan terjadilah, guru2 dan teman2 pada bingung dan menyatakan kami hilang dimana sampai melaporkan pada SAR setempat untuk mencari kami. Keesokan pagi perjalanan kami teruskan sampai kepuncak dan setelah itu langsung cepat turun kembali karena cuaca mau gelap.

Pada waktu perjalanan turun kami bertiga agak berlari dan beradu cepat, sehingga entah karena kami melamun ato apa kami sampai tidak menemukan jalan apa2 dan kami bingung mau jalan kemana. Saat itu kami saling manjat pohon untuk melihat letak jalan dimana dan sambil teriak2 minta tolong, dirasa ga ada hasil apa2 kami mencoba merayap naik keatas dan berhasil menemukan jalan setapak kembali. Tidak begitu lama kami berjalan, kami bersimpangan dengan orang2 dan beberapa teman yang mencari kami….wah ada perasaan malulah kami disitu, dan teman2 semua pada menyalahkan Wahidiq (saat ini blm ada kontak ditetrasma). ….Saat kami pulang sampai Surabaya, kami blm boleh langsung plg ke rmh tapi kami diharuskan  mampir ke kantor sekolahan, dan disitu kepala sekolah dan beberapa guru marah besar ke kami ….dan ditanya apa sudah ketemu Malaikat ?….Ya itulah crita kenangan kami.

 

————————————————————————————-

                                         Cerito Demo

      Membaca bbrp cerita demo ’78 wkt pertama yg digaungkan adalah ttg dugaan korupsi uang laboratorium pertama kumpul sebatas dihalaman depan ruang lab & perpustakaan yg bicara wkt itu dpt inputan dr bbrp anggota OSIS termasuk sy klu istilah anak sekarang tukang ngompori gt lho, yg sy beri info pertama yaitu Sulistiyanto  yg skrg suaminya Ane & skrg sdh jd konglomerat punya bimbel besar di Sby. Klu tdk salah yg dihadapi wkt itu pihak sekolah P. Suwarno. Kimia yg asli ASMAD singkatan Asli Madiun  lama kelamaan teman-2 panas itu terjadi pd hr pertama sedang dihari kedua teman-2 bicara  ttg NKK krn mmg pgnya ada selebaran seingat sy dibawa oleh Dian Ratih Gunawan wkt itu pacarnya anak Unair ttp bukan yg jd suami skrg lho selebaran tsb disebarkan dg cara hunting kedepan III IPA 2 dst kebelakang IPA 4. Shg teman-2 keluar sekolah demo dilapangan basket & ada bbrp teman yg cewek ikut naik diatas tembok pagar sedang diseberang sdh banyak polisi sy dihr ke 2 sdh pakai jaket & topi shg wkt teman-2 banyak yg dikejar utk ditangkap sy tdk ikut krn dianggap guru krn sejak kls 1 sdh pakai kumis tebal. Seingat sy sejak itu teman kita Sulis yg dr IPA & Karel yg dr IPS ketangkap dibawa ke hobiro pojok jln Ngemplak skrg sdh jd pertokoan klu nggak salah tlg yg msh tinggal di Sby mohon koreksi klu sy salah krn wkt itu ada teman Masku yg dr ITS  jg disel bareng mereka yaitu Sholeh & Harun Al Rasyid ttp sy tdk ingat brp bulan ke 2 teman kita itu hidup dlm htl prodeo bisa tanya lsg sama Sulistianto khan dia sbg lakonne lsg hal ini mgk bisa merefresh lg ingatan kita.

 

                           Mie goreng with B2
Ini cerita lucu ttp sy jg merasa berdosa:
Suatu hari akan ada rapat guru-2 diruang samping lab yg dulu msh dipakai ruang guru dimana wkt itu sy disuruh beli makanan ada yg pesan mie goreng dll krn yg dekat sekolah ada pasar Pacarkeling kebetulan ada sbh restoran namanya “LARIS” sy ingat betul P. Irfan yg guru agama Islam pesan mie goreng khan sy tahu dia tdk makan makanan yg mengandung B2 ttp wkt itu sy pesan pakai campuran daging & minyak B2 tsb klu tdk salah wkt itu sy berangkat dg Djudjuk Dwi Rahajeng khan dia non muslim sdh mengingatkan sy ttp sy bilang wis jarno ae Juk nek doyan & nggak muntah jarene gak opo-2, singkat cerita sampailah disekolah & wkt makan tiba sy lihat P. Irfan makan dg lahapnya mbuh iku pancen eeenaaak opo nembe keluwen & sy sempat nanyakan kebeliau enak Pak, dijwb beliau ooo enak Ri’ kowe tuku nang endi sy jwb Pacarkeling Pak
Dr kejauhan si Djudjuk mesam-2 ngerti nek sing didahar P. Irfan mengandung B2 Nek Beliau msh sugeng aku pengin njaluk ngapuro wis nathe ngerjain beliau, Nyuwun duko Nggih Pak naminipun tasih lare-2 yo ndableg he he

 

 

                                          TUKANG ISENG

Wkt itu sy pernah 1 kelas dg Hafas & Didi Hasan Putra yg sering membolos masuk kelas hanya nitip tas saja pd sy, wkt pelajaran berlangsung kebetulan sy duduk dibangku no 2 dr belakang deretan ke 2 sedangkan ke2 teman tsb disamping kanan saya  deretan 1  paling belakang sy mbrobos ambil sepatunya Tjipluk nama aslinya Siti Sunaringdyah dia pindahan dr Kediri setelah sepatu sy ambil, sepatu tsb sy masukkan ke tasnya Didi. Wkt bel plg sekolah tas Didi tsb sdh dibawa keluar oleh Edi Suritno krn sdh dipesan sama Didi utk dibawa keluar ditunggu di Apotik Bangunhardjo t4 anak-2 SMA 4 & BPK swasta jl Luntas nongkrong, krn si Tjipluk nangis nyari sepatunya sy sendiri jg kelabakan krn tas sdh tdk ada akhirnya sy lari utk ngejar Didi diluar untungnya belum sampai naik motornya klu tdk terkejar mati aku hrs ngambil dirmh Didi di komp PLN Ketintang. Pd wkt sy minta tas Didi sempat nanya ono opo  wkt itu dia tdk tahu klu didlm tasnya ada sepatu cewek bgtlah klu suka iseng keteman untung anakku gak koyo Bp’e bandel tukang ngerjain konco. Sy jg ketemu Hafas dia msh ingat klu dulu sering nitip tas sama sy. Krn sdh jam 00.30 wita sy sdh hrs tidur wedhi krinan gak iso tangi subuh bahaya maklum uripku saiki Bulok alias Bujang Lokal nang Makassar ok sampai ketemu dilain crita

 

 

VIVA Tetrasma 79 – Ari Prijo Widagdo/Brengos
 
 
 
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
 

 

 

 

Karel si pemberani…

dsc_354511Untuk 3IPS2 ingat nga waktu ada pelajaran (yayu lupa pelajaran apa) pak guru atau bu guru sedang absen murid, sampai pada nama Karel, tapi Karel tidak ada, dan tiba2 Karel masuk dan keluar lagi hanya mengambil buku untuk pulang, tanpa pamit dan langsung keluar (saat sedang menghadap belakang menuju keluar) kami semua terkejut dan sedikit berteriak, karena kami melihat punggung Karel berdarah, ternyata Karel sempat ikutan demo dan ditusuk bayonet (ujung senapan yang ada pisaunya tuchhhh…..) oleh Angkatan.  Kasihan si Karel, tapi kenang2an heroic buat Karel dan IPS2 khususnyaaaa….

 

Yayu – Balikpapan  

 

dsc_354511Mengenang Alm. Djoko Gendut (3IPS2)

 Klas 3IPS1 dan 3IPS2 pan letaknya tersendiri dengan arek-arek IPA dan kalo mau olah raga agak-agak.. uuuadoh arepe ganti nang kamar kecil dibelakang, jadi Alm. Djoko yang jarang olah raga karena dispensasi juga mbak Tientje alias bu Cece, suka megangi baju yang udah dilepas untuk ditutupkan ke kaca yang yang bolong, dan kami-kami pada ganti baju di dalam, tapi kadang-kadang Djoko suka inceng-inceng trus dia tertawa horrrreee ketok, aku ndelok – aku ndelok…

 Cerita lain soal Alm. Djoko;

 suatu hari Djoko dapat selebaran pembukaan salon baru, entah dari mana dia dapat.  Trus dia teriak-teriak  naik di atas meja “ ayo rek ayo rek, salon gratis salon gratis, keriting sembarang (jaman dulu belum ada rebounding ya…), ayo rek keriting ngisor piyak tengah”….ach aku sih ketawa nga ngerti, echhhh…lama-lama aku ngerti…dan geli juga (hayo konco paham opo ora…)

 Cerita pak Jupri…(guru olah raga kita yang imut, ganteng, brewok dikit, kaca mata..tueeebal).

 Kalau tidak salah, waktu itu ujian olah raga, kan kita semua dibagi nomor dada dari bahan kain dan ada talinya…

He hee tu Pak Jupri sebagai guru geli sendiri melihat kami-kami memakai nomor itu, katanya; “tak pikir-pikir kok koyo pacuan greyhound yo”, la dalah di anggepe awak-awak iki koyok ku-kuk yo… Pak Jupri…oh .. Pak Jupri….

 

Kenangan indah bersama Mas Wenny

 

Yayu anak baru pindah, Wenny juga.  Wenny tuch baru pindah rambutnya puannjaangggg (gondrong jadul).

Karena sama-sama anak baru pindah, jadi suka berdua aja dulu, belum banyak punya teman.  Aku kost di perumahaan PJKA (kalo tidak salah jalan Pacar Keling) depan-depan sekolah kita tuch . Tiap pulang sekolah hampir selalu bersama.  Sering dibelain sama Wenny kalo pas ada anak-anak Unair atau ITS yang sering duduk-duduk didepan kost mereka – dibawah pohon seri, mereka suka lempar batu kecil di jalan untuk bisa kena aku, ech tapi aku cuek aja, dan Wenny pun diam juga – aku jengkel sama Wenny atau terkadang, Wenny bilang kamu jalan duluan sana, aku dibelakang, pan anak-anak kost itu maunya ngajak kenal…

 

Saat tahun 1979 rasanya punya uang Rp.1500, – udah banyak banget.   Kalo pulang sekolah hampir selalu bareng sama Wenny karena Wenny juga kost didaerah yang sama.  Sebagai anak kost, aku dan Wenny kadang punya uang, kadang tidak, jadi dengan uang Rp. 1500,- biasanya sepulang sekolah mampir dibunderan dekat rumah kost – dibawah pohon bungur yang bunganya ungu, ada jualan gado-gado, bakso dan es degan…, jadi dengan uang segitu maemnya kudu sharing, ach… kalo ingat jadi terharu sedih-sedu-sedan….(indah banget rasanya makan gado-gado satu porsi berdua), jadi tiap hari tanya ke Wenny, “Wen kita hari ini beli gado-gado atau bakso?”, “bakso aja, yuk bakso aja, besok gado-gado…gitu seterusnya….., indahhhhhh… banget rasanya ingat masa lalu…

 (Kiriman: Yayu- Balikpapan)

———————————————————————————————-

 

taufiq-muhammadDemo Di Depan SMAN 4 Surabaya -Di Jalan  Antara Sekolah, Gereja dan Apotik 
 
Setelah saya membaca Sekelumit Kisah Demo 78 di Tetrasma79blog,  secara samar saya dapat sedikit bercerita sebagai berikut
> pada saat itu saya kos di Jl  Kali bokor No.,,,bersama teman yang lain  5 mahasiswa ITS Jurusan Teknik  Kimia (hanya Saya yang SMA), menjelang SU MPR th78 Mahasiswa  ITS secara rutin rapat di Kos-kosan , ada beberapa selebaran-brosur dsb, kemudian rapat -rapat tersebut secara tidak langsung berpengaruh terhadap diri saya .
Pada hari Pertama DEMO di Klas 3 IPS 1 sedang berlangsung pelajaran Hitung Dagang,  Konsentrasi belajar siswa dalam klas  sudah buyar karena di depan sekolah sangat ramai oleh Demonstrasi
Kemudian pada hari Kedua ,saya baru mulai ikut serta… Ikut berpidato secara agitatif….dengan handspeaker Toa warna cream (biasanya dipakai oleh Guru Olah raga kita ) .kemudian suasana semakin panas, di jalanan  depan gereja massa sangat banyak, Saya melihat ada keributan dan sekilas melihat ada sebuah pistol (mungkin mainan atau sungguhan saya tidak tahu ) saya lihat banyak juga orang berwajah  seperti gelandangan /pemulung memakai topi pandan lusuh baju sobek-sobek  sedang menyabit rumput Kemudian pada jam 11.30 siang  antara massa dan Satuan keamanan saling ejek dan terjadilah kejar mengejar dan penangkapan, massa berlari kocar kacir ke segala arah. Saya sendiri lari ke dalam sekolah  ke tempat parkir motor > ke kantin > kemudian lari terus kebelakang dan ditolong oleh seseorang melompati Tembok yang cukup tinggi dan akhirnya saya jalan kaki  mengelilingi sekolahan masuk ke rumah rumah penduduk dan menyusuri sungai dekat lapangan panahan dan lapangan Soft ball .pada saat itu saya lupa motor tertinggal di tempat parkir sekolah ..saya masih terengah-engah minta tolong seorang teman bernama Noor Wachid untuk mengambil motor saya dan malam nya saya tidur di Rumah teman tsb,. ke esokan harinya saya pulang ke tempat kos dan ada sebuah surat panggilan  dari POM ABRI , setelah saya berfikir ulang kemudian keesokannya, pagi hari Jam 08.00 saya memenuhi panggilan tersebut untuk datang di POM ABRI dengan memakai seragam sekolah , bangunannya terletak di pojok dekat dgn jembatan Genteng kali.  dekat Jl.Ondomohen, samping Polantas Sim/STNK (Pom Abri mengetahui alamat kos saya dari mana Ya?)     
Di gedung tsb saya bertemu dgn beberapa  pelajar berseragam putih abuabu dan beberapa  mahasiswa (saya tidak mengetahuinya) saat itu kami tidak diijinkan berkomunikasi , kami di interview singkat satu persatu kemudian Dipanggil +dikasih no+ Di Foto dari kanan, Kiri dan Depan
Jam 13.00 Kami (6 Orang) diangkut dengan mobil Kijang terbuka menuju ke sebuah gedung dan Terbaca Lembaga Pemasyarakatan  Kalisosok (yang saya tahu ini adalah penjaranya para Kriminal)
Kami masuk ke gedung, diberi makan soto/rawon? dan secara terpisah di tempatkan di ruang masing-masing (sepertinya / mungkin ini adalah ruang introgasi) selanjutnya di interview /di introgasi secara bergantian., salah satu yang mengintrogasi  adalah salah satu dari pemulung yang ada di SMA4 saat belangsungnya Demo pagi hari, topi pandannya yang robek-robek ada di atas meja  (hehe ternyata dia sedang tugas menyamar)  
Kemudian sekitar Jam 20.30 kami dilepaskan ,disuruh pulang satu persatu.(saat itu saya bingung naik mobil umum/angkutan No.berapa ,yang mengarah ke Pucang anom/Kali bokor?
   
Demikian sedikit cerita tentang DEMO SMA4 , 
 

 

Ditulis oleh : T a u f i q

E-mail : taufiq_privataufiq@yahoo.co.id

 

———————————————————————————————————————

 

 

dsc_4804j

Sekelumit kisah Demonstrasi tahun 1978.

 

  Teman-teman, bila kita mengingat pada saat demonstrasi tahun 1978, yaitu saat “Buku Putih ITB” beredar dikalangan SMA 4 Surabaya, sehingga yang memicu pertama kali dikalangan SMA di Surabaya yang berani berdemonstrasi.

Ada sisi lain yang perlu diingat bahwa terdapat teman kita yang bernama Pudjiastuti, sosok siswa yang luar biasa keberaniannya, mengingat pada saat itu ybs adalah satu2nya siswa wanita yang diseret naik ke atas truk militer dan di tahan, luar biasa perjuangannya, saya berharap Mbak Pudji bisa mengirimkan kisah nyatanya di balik terali besi, agar kita bisa mengenang masa-masa pahit saat itu dan juga bisa kita jadikan cerita kepada anak cucu kita bahwa terdapat Srikandi yang tidak mengenal takut di SMA 4 Surabaya, yaitu Dra. Pudjiastuti, MM

——————————————————————————

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kilas Balik Demonstrasi SMA 4 TH.78

  yah ini kisah kejadian Demonstrasi th.78….yah sambil mengingat2 kejadianya karena sudah 31 th yg lalu….begini kisah nya :ini klas 3 ipa 3 th.78 ,
waktu itu sekitar hari Rabu kalo tidak salah n matapelajaran adalah agama islam dengn guru pak Irfan..ya mungkin jam pelajaran kedua yah jam 9 an..lah….
sedang asyik2ny pak Irfan menerangkan pelajaran..tiba2 dari bangku tengah beredar buku ex itb mgenai demo mahasiswa itb….yah buku2 tsb mgalir ke belakang dan trus sd ke klas 3 ipa 4 ..n trus berlanjut ke kelas2 yg lainya.

Setelah beredar nya buku2 tsb maka kls2 lain pada keluar kelas. .n mulai bkumpul ..jadi mulai lah demonstrasi sma4…begitulah kisahnya…. 

Tahukah temen2 dari mana buku itu berasal …yaitu dari Dian Ratih Gunawan ,karena beliau dapat titipan dari temen2 nya ex itb bandung.

Jadi siangnya or  besoknya saya dipanggil oleh Kepala Sekolah kita yah pak Satmoko Darmowisastro? Ayah dari teman kita Rianto Basuki….waktu itu di ruangan kepala sekolah ada kumpul beberapa guru, kepalasekolah,wakil kepala sekolah dll.. trus saya ditanya sama alm.pak Satmoko:  Budi itu buku2 ex itb darimana beredarnya..Saya jawab: Wah ndak tahu pak,tiba2 sudah ada…..trus bilang pak Satmoko : ini mesti pak Irfan ….hee3 saya dalam hati geli sendiri lho.

 

kiriman dari : ade irma santoso/Budi Santoso

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

28 responses to “Cerita2 SMA

  1. Ya Konco2 tetrasma79 dipersilahkan kalau ada cerita-cerita atau kenangan pada masa masa sma dulu bisa dikirimkan ke : tetrasma79@yahoo.co.id atau w.didik@ymail.com. Mudah2an tersebut diatas bisa untuk tombo kangen dan kenangan manis kita semua. Suwun.

    Salam.

  2. oh yah Dian Ratih Gunawan skrg di bintaro jkt,dia ex 3 ipa 3…trims

  3. Kalo Pudji sekarang ada di Tulungagung, kemarin sms sy kalo mau belajar buka internet, katanya sekarang baru bisa buka eternit .. he.. he.. he..

  4. Buat teman-teman yang punya cerita lama semasa di SMA apakah itu menceritakan tentang suasana di kelas, dikantin Pak Mo, Kisah kasih disekolah (love story), hal-hal yang lucu dan kisah-kisah heroik saat demonstrasi thn.1978, bisa dikirim melalui e-mail ke tetrasma79@yahoo.co.id nanti oleh Mas Didik pasti ditayangkan.
    terima kasih.

  5. Dear All,
    Diantara teman2 yang berdemo, ads nggak yang masih ingat apa yang kita perjuangkan secara hakiki. Serunya, ngerinya tapi bangganya bisa menjadi bagian dalam perjuangan yang dicatat oleh masa ini sering muncul ketika ngobrol santai dg anak2. awalnya pertanyaan ttg ‘mengapa sekolah dimulai bukan diawal tahun’. Akhirnya berkembang menjadi cerita tentang demo. Nah, pertanyaan tentang apa yang didemokan, membuat saya bingung dg jawaban yang saya berikan. Sudah komplitkah? Yang saya ingat sebatas, turunkan harga, hapuskan Sekpri (?) presiden, poros halang (?) Jakarta-Jepang? Semua jawaban membuat keraguan pada memori diri saya sendiri. Nah, teman2 yang terlibat langsung dengan perjuangan saat itu, mohon kesediaan untuk bercerita runtun sesuai dengan memori yang ada. Saya sedikit heran, sepertinya teman2 IPA tidak ada yang ikut serta? Tapi mungkin saja ada cerita yang tertinggal ya.. Saya dan anak2 saya menunggu cerita selanjutnya. Matur nuwun.

    Salam manis,

    Handari

    • Ada sedikit koreksi buat mbak Handari sebagai informasi dan maaf ini tidak untuk membedakan kesukuan IPA dan IPS, bahwa artikel tentang demontrasi diawali dari email teman kita mas Budi Santoso dari ex 3 IPA 3.
      Boewat teman2 yang terlibat langsung dengan perjuangan saat itu baik ex ipa ato ex ips, mohon kesediaan untuk bercerita runtun sesuai dengan memori yang ada. Matur suwun mbak, tak tunggu masukan nya lebih lanjut.

      Salam.

  6. Bu Yayu buka rahasia….he..he..heee

  7. kalo malari 74 persaingan soemitro-MLG n Ali Murtopo, kalo th.78 itu trus dimulainy NKK-daud yusuf…..mybe persaingan kekuasaan antar jenderal yah…yg jelas setlah itu Beny Moerdani mguat…..

  8. jadi hari pertama demo tuh yg bawa papan tulis hitam itu Agus Sajarwo-Woky n Astikho 3ipa3…..yah setelah itu semua klas keluar,,jadi murni spontan demony….inget sy sma4 yg pertama di high school sby…hee3 hebatlah sma4

  9. jd wkt demo th.78 dari arek ipa tuh Sulis 3 ipa 4 kah…sbg agitator…….he3 untuk ips yah Taufiq itu hebatlah dia wkt.itu sdh jelaskan ke qt mgenai sayap kiri,sayap kanan ..pokokny saluut lah.

  10. tetrasma79 itu artinya apa , apakah berasal dari singkatan atau punya arti tersendiri secara kesatuan? mungkin ada yang dapat menjawab atau menjelaskan.. terima kasih

  11. baca pengalaman jaman smanya mb Yayu jadi senyum2 sendiri. sampai segitunya ya jeng …… tapi aq dadi terharu, mbayangke nek ankku sing ngalami be’e yo…….

  12. Mas Taufiq, TETRA kalo nggak salah bahasa Yunani artinya 4, jadi TETRA SMA 79 artinya SMA 4 thn.1979….mohon maaf kalo salah, mungkin ada yang bisa menjelaskan….?

  13. Ariiiiii …. doso koen Ri ………

  14. Untuk Mas Wenny trima kasih penjelasan arti dari tetrasma79 dan untuk Mas Budi santoso dulu 3 IPA….berapa . Untuk mas budi aku lali tenan yang saya bicarakan waktu demo tsb tentang apa ya? lha mas Budi Santoso sih kelingan ya tentang Sayap kiri,Sayap kanan non partisan hahahah.. tak pikir-pikir belagu amat ya gue

  15. Critanya Didik tentang naik-naik ke puncak gunung bersama saya dan wahidig, memang itu sangat mengesankan dan konyol, sampai hari inipun saya masih merasa bersalah kepada semua teman2 dan guru2, untuk itu kami mohon maaf lahir dan batin. Dan memang benar itu ide gilanya wahidig yang menurut perhitungannya bisa dicapai pulang-pergi hari itu juga, sehingga malamnya bisa ikut malam perpisahan yang telah direncanakan matang2. Tapi rencananya buyar semuanya gara2 nyariin kami bertiga sampai pagi, sekali lagi maaf yooo reeeek! Kami bertiga juga sengsara duingiin banget tanpa persiapan jaket yang memadai, karena ndak ada rencana ke puncak gunung.

  16. buat Ari brengos piye wis ketemu tah idaman hatimu Tipluk-siti sunaringdyah ojo digowo terobsesi trus mesti di obati iku hee3333……buat Taufiq ya gpp namany jg demo hee3 hebat kok salut……Tipluk2 kok ndak kroso digoleki si guanteng Ary brengoss toh…..mohon maaf ari brengos…

  17. mgenai camping di pacet iku klas 2,th.77..yah itu bukan per kelas tp satu sekolahan gitu loh….aq jg lupa2 inget tuhh..satu angkatan th,77 klas 2 sma4…bgitu info nya

  18. Hadi Cahyono

    teman2ku yg aku cintai..membaca crita2 yg ada di artikel ini (crita sma) sebenarnya sy benar2 gelo bercampur bangga..mengapa bangga ? ya krn hanya sma4 sajalah yg brani memulai demo ! (utk level sma)..tapi gelonya naaah ini yg ingin sy critakan ke tmn2 sekalian..meskipun sdh 31 th yg lalu tp baru skg sy dapat menumpahkan rasa bersalah sy ke tmn2 ; yaah mmg berawal dari buku putih tsb akhirnya pd suatu mlm (sy lupa harinya dan berapa orang pd saat itu…yg sy ingat wkt itu ada mas didik..mas cahyo yg rmhnya jl emb.kenongo trus msh banyak lainnya , kami ber-ptr2 sekitar gubeng trus menuju ke ngagel trus putar balik lagi ..yaaah kalo tdk salah wkt itu sekitar jam 9 mlm !! tujuannya satu tmn2 ..apa itu ?? kami sepakat ingin mencari dan membeli rantai besi..gembok besar..spidol bsr dan pilok !! utk apa semua itu ?? ya .. kami ingin membuat sensasi dengan mengunci /menggembok pintu msk parkir spd mtr dan mencorat-coret dinding/tembok sekolah (di area lap basket) dan jamnya wkt itu kami sepakati sekitar jam 2 mlm .. pas jam 2 kami kembali berputar mengitari sekolah ..eeeeh ternyata osis kita wkt itu yg dikomandani oleh tmn kita mas Humala punya kerja sendiri … ternyata mrk juga melekan/begadang dgn tujuan menjaga sekolah dari kerusuhan .. ! ( he..he..he ternyata niat jelek bertemu dgn niat baik secara bersamaan), nah akhirnya sekitar jam 3 mlm sampai jam 3.30 wib beraksilah kami .. dan akhirnya terjadilah kegemparan pada pagi hari itu krn spd dan spd mtr tdk bs msk ! lap dan dinding sek. ada corat-coret pakai pilok ..yaaah tulisannya mmg jelek sih krn wkt itu takut ketahuan krn tmn2 kita yg di osis jg msh ada yg blm tidur !! nah tmn2 .. satu hal yg membuat sy merasa bersalah sampai saat ini krn pd hari itu sy mmg sengaja mbolos tdk msk sek. (sy duduk2 di mitra smbl mkn soto) dan sekitar jam 11 siang sy iseng2 tilik ke sek. waduh sy kaget sekali krn mas Sentot saat itu dr jendela kelas kasih kode ke sy utk segera pulang/meninggalkan sek. … siang jam 14.30 baru sy tahu kalo tmn2 yg malam itu beroperasi utk demo pada diciduk dan dibawa ke mapolsek gubeng .. yg sy herankan wkt itu knp polisi siang itu tahu semua nama2 yg beroperasi mlm itu ya ???? ok tmn2 .. itulah td sekelumit crita ttg kekecewaan sy dan rasa bersalah sy sehingga menyebabkan tmn2 pd digiring ke polsek smpai mlm baru dilepaskan utk plg kerumah , hanya 2 orang sja yg msh tertinggal di tahanan wkt itu !!

  19. Hadi Cahyono

    Oh ya..tmn2 yg sy kasihi ! mungkin sy perlu diingatkan kembali krn sdh begitu lama peristiwa itu terjadi, tp koq sy jd penasaran ya .. kira2 apakah tmn2 ada yg msh ingat (tentunya tmn2 yg terlibat ikut dlm rombongan pd mlm itu) siapa saja ya yg ikut mencari utk membeli rantai dan gembok dan berputar2 semalaman ..? he..he..he sy sdh berusaha utk mengingat-ingat tp koq tetap aja lupa ya ?? mungkin ada yg bisa menyebutkan siapa saja yg ikut pd saat itu ?! mtr nuwun sakdurunge .. dan setelah kejadian tsb barulah keesokan hrnya pelajaran jd terganggu krn banyak tmn2 yg berorasi di hal. sekolah pd jam pelajaran !! yah demikianlah sekelumit peristiwa (crita sma) yg membuat sy menyesal dan merasa bersalah …maaf ya tmn2 !!
    Oh ya msh ada lg satu kejadian yg lucu dan memalukan ..haa..haa..haa bgini tmn2 ; pd wkt itu kami berenam (3 spd mtr) kalo tdk salah mas Tono, Mas Lukman, mas Basuki, mas Ari brengos (atau Ari bogang ya ??) dan sy dan satunya lg sy lupa .. berencana mau pergi jln2 ke Tretes ! nah wkt itu yg membuat sy geli dimana kita berusaha membujuk dan mempengaruhi mas Ari brengos utk ikut (krn spd mtrnya baru dan dia blm pernah ke Tretes naik mtr) nah singkat crita kami jadi brangkat dan sy berboncengan dgn mas Ari brengos .. dlm perjalanan mas Ari yg pegang setir sy yg mbonceng .. wah senangnya bukan main mas Ari pd saat itu dan kami sampai di tujuan dgn selamat .. naaah setelah kami mau pulang kembali ke sby terjadilah kekawatiran / keragu-raguan dari tmn2 dan juga sy saat itu di mana kalo turun dari Tretes utk pengendara pemula akan berbahaya / beresiko .. sy mengusulkan utk saya saja yg pegang setir tp mas Ari ngotot agar dia saja yg pegang setir … ya sudahlah akhirnya mas Ari yg setir !! … benar tmn2 begitu jalanan turun drastis hati saya sdh deg-degan krn melihat mas Ari brengos mulai tdk stabil pegang setirnya … apalagi di panas 2 i sama tmn2 dgn mematikan mesinnya … waduh ternyata mas Ari juga mematikan mesinnya (ndak mau kalah dia) … mati aku !! sy melihat saat itu jarum spedometer menunjukkan angka 80 (kondisi mesin mati) dan akhirnya pada saat tikungan tajam ke kiri , mas Ari panik dan tanpa disadari dia menginjak rem .. dan terpelantinglah kami berdua … sy masih sadar wkt itu di mana sy spt terbang diatasnya mas Ari dan jatuh terguling-guling masuk ke halaman rumah orang … tangan dan kaki saya terluka, dan kaos saya sobek2 tapi untungnya muka saya nda apa2, yg membuat sy ketawa wkt itu begitu sy lihat mas Ari brengos ..waduh wajahnya (batuke) mbendol sak onde2 ..haaa..haa..haa ! mergo kejendul patok kilo meter sing ono nang pinggir jalan !! apes e rek !!

  20. nek sak elingku didik hasan iku mari mbusek papan tulis.., gak bakalan mbalik nang kelas…wong busekane digowo nang apotik sebelah sekolah,..biasane sampe bel moleh muni…

  21. Had, posisimu sekarang ada dimana? kok nggak pernah ikut kumpul-kumpul (Tetrasma ’79), ayo cepetan bergabung ojok gitaran ae. Aku arep nambahi cerito nang Tretes, dadi waktu itu aku goncengan karo Basuki 3 IPA1, Lukman karo Endro Saptono 3 IPA 4 kan wis genep jarene wong enem. Salam & cepet bergabung.

  22. Didik guru biologi mybe bu Retno yah ,bu Lastri mybe bhs ingris or indonesia…..oh yha wkt th.79 bu Retno lagi trainging guru biologi di Bandung,, tuh aq temuin loh hee3..aq ublek itu mess diknas akhirny ketemu di ruang seminar hhee3 bgitu lahah kisah bu Retno…itu lagi seminar bnyak org tuh ratusan aq masuk keruang hee33 dasarrr yo

  23. sigit warsito

    Saya juga punya cerita waktu camping di PACET: ceritanya waktu camping yg lokasinya di belakang gereja di Pacet ada beberapa teman yg ngajak saya untuk buang air besar di sungai yang mengalir, yg 2 orang buang air besar dan sy bersama teman yg satunya berjaga-jaga barangkali ada teman yg lain lewat atau melihat kami harus memberi tahu YANG BUANG HAJAT ALIAS PUNYA PROYEK. Setelah selesai buang hajat sambil senyum2 KAMI DIKAGETKAN OLEH SEKELOMPOK ORANG DESA YANG NAIK KE LOKASI BUANG HAJAT SAMBIL MENGACUNGKAN CLURIT, maka pucatlah muka kami , maka walau muka agak pucat kami semua minta maaf kalau kami salah, cuma kami bertanya-tanya salahe kene opo? TERNYA KITA DAOAT INFORMASI KALAU AIR ITU MENGALIR KEBAWAH DAN AIR ITU DIPAKAI UNTUK MENANAK NASI DAN MASAK OLEH ORANG DESA baru kita ketawaha….ha… berarti hajat tsb menambah vitamin bagi orang desa ha.ha..ha. MAAF BAGI WARGA DESA PACET.

  24. Ha ha haaa… Cak Sigit, aku nganti mules kakeyen guyu….semoga saja warga desa Pacet tidak terserang flu Babu…eh…flu Babi….wakakakak…..guyu maneh…..
    BTW …. yo opo rencana mlaku-mlaku nang Semarang nggolek Cak Joko karo Cak Hadi nang Kudus….?

  25. sigit warsito

    CAK WENNY, waktu ada acara di rumahku senin malam itu temen2 kelihatannya sdh mantap ut berangkat ke SPORE at KL di bulan MEI tg 27 -30 mei. Maksudku klu gak keberatan aku usul nyambangi HADI di KUDUS, JOKO di SMARANG dan SUKENG di JOGJA yak opo nek 14-15 maret atau 13-15 MEI, tak tunggu kabare yo cak .suwun

    • ok pak, mungkin untuk disepakati dahulu rencananya:
      1. di bulan apa (13-16 Maret atau 2-4 April atau 13-16 Mei atau 28-30 Mei)?
      2. tujuan dan pesawat KL(airasia Rp.893.000,-/pp) atau Singapore(valueair $150/pp) atau Batam(citilink Rp.1,7 jt/pp)?
      ditunggu jawabannya untuk segera dpt di booking.
      3. Untuk kunjungan poro sedulur di jawa tengah bagaimana kalo dijadwalkan dibulan Maret atau Mei 2010.
      jawabannya ditunggu segera…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s